Senin, 26 Mei 2008

Belanja Online, kenapa tidak?


Mohon maaf sebelumnya kalau tulisan saya tidak bagus karena emang baru latihan nulis. Tulisan ini dibuat bukan karena saya merasa pintar, tapi karena ingin sharing sama temen - temen biar dapet ilmu baru, gitu lho.....

Makin maraknya toko online telah menarik pertumbuhan minat pengguna internet untuk berbelanja secara online. Toko online yang bertebaran di internet memang memanjakan mata para surfer dengan beragam produk yang membuat mereka rela mengeluarkan kocek dari dompetnya. Dari hasil survey Nielsen Global Online menyebutkan bahwa pada tahun 2005 jumlah pembeli mencapai 42% dari populasi pengguna internet. Dan pada 2007 menempatkan Indonesia di posisi 13 dari14 negara Asia Pasifik, dengan 51% populasi pengguna internet yang pernah berbelanja online.

Belanja online memang menjadi solusi bagi sebagian orang yang menginginkan kepraktisan. Bayangkan mudahnya belanja, kita tidak perlu kemana - mana, cukup pesan melalui sms/e-mail, kemudian lakukan pembayaran di ATM, dan tinggal menunggu kiriman barangnya. Selain proses pemesanan yang praktis, pembeli juga diuntungkan antara lain karena:
1.Menghemat waktu, terutama bagi yang bekerja.
2.Terhindar dari kemacetan, plus biaya parkir yang dihitung per jam bagi yang membawa kendaraan.
3. Tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi, apalagi apabila barang yang diinginkan adanya di luar kota, tentu biayanya akan lebih mahal lagi.
4. Biasanya harga yang diberikan sama saja dengan harga toko
5. Menghemat tenaga karena banyak pilihan dan kita tidak perlu capek mondar - mandir dari toko satu ke toko lainnya, cukup meng-klak - klik mouse saja.
6. Menghemat biaya konsumsi, karena biasanya harga makanan & minuman di pusat perbelanjaan lebih mahal dari harga biasa.

Singkatnya, belanja menjadi mudah dan saaangat dekat karena tidak perlu kemana-mana.

Tapi tentu saja hal itu tidak berlaku bagi semua orang dan setiap waktu, semuanya kembali ke individu masing - masing, apalagi bagi yang hobby jalan ke mall dan tidak memperhitungkan berapa pun uang yang dibelanjakan untuk mendapatkan suatu produk. Bagaimana menurut temen - temen?



2 komentar:

meds mengatakan...

setuju sekali. kalau semua bisa dilakukan dengan interent, kita tak perlu ke kantor. cukup di rumah, bangun tidur, ngeteh, dan cek internet.

free ringtones mengatakan...

beli barang secara online lebih simpel, ga ribet dan barang bisa langsung dikirim kerumah....NGGAK REPOT LAGI KAN?